≈ GERBANG LOGIKA adalah suatu entitas dalam elektronika dan matematika Boolean yang mengubah satu atau beberapa masukan logik menjadi sebuah sinyal keluaran logik. Gerbang logika terutama diimplementasikan secara elektronis menggunakan dioda atau transistor, akan tetapi dapat pula dibangun menggunakan susunan komponen-komponen yang memanfaatkan sifat-sifat elektromagnetik (relay), cairan, optik dan bahkan mekanik.
Dan hanya bernilai 0 (nol) dan 1 (satu)
1.GERBANG AND (A.B)
Output akan bernilai “1” jika kedua inputnya “1”
* TABEL KEBENARAN (TRUTH TABLE)
A | B | Y |
---|---|---|
0 | 0 | 0 |
0 | 1 | 0 |
1 | 0 | 0 |
1 | 1 | 1 |
2.GERBANG OR (A+B)
Outputnya akan bernilai “1” jika salah satu inputnya bernilai “1”
*TABEL KEBENARAN (TRUTH TABLE)
A | B | Y |
---|---|---|
0 | 0 | 0 |
0 | 1 | 1 |
1 | 0 | 1 |
1 | 1 | 1 |
3.GERBANG NOT (INVERTED)
Output akan selalu berlawanan dengan inputnya
*TABEL KEBENARAN (TRUTH TABLE)
A | Y |
---|---|
0 | 1 |
1 | 0 |
4.GERBANG NAND (NOT AND)
Output akan bernilai “0” jika kedua inputnya “1”
*TABEL KEBENARAN (TRUTH TABLE)
A | B | Y |
---|---|---|
0 | 0 | 1 |
0 | 1 | 1 |
1 | 0 | 1 |
1 | 1 | 0 |
5.GERBANG NOR (NOT OR)
Outputnya akan bernilai “1” jika kedua inputnya bernilai “0”
*TABEL KEBENARAN (TRUTH TABLE)
A | B | Y |
---|---|---|
0 | 0 | 1 |
0 | 1 | 0 |
1 | 0 | 0 |
1 | 1 | 0 |
6.GERBANG XOR (EXCLUSIVE OR) A .B+A.B
Outputnya akan bernilai “1” jika inputnya berbeda
*TABEL KEBENARAN (TRUTH TABLE)
A | B | Y |
---|---|---|
0 | 0 | 0 |
0 | 1 | 1 |
1 | 0 | 1 |
1 | 1 | 0 |
7.GERBANG XNOR (EXCLUSIVE NOR)
Outputnya akan bernilai “1” jika inputnya sama
*TABEL KEBENARAN (TRUTH TABLE)
A | B | Y |
---|---|---|
0 | 0 | 1 |
0 | 1 | 0 |
1 | 0 | 0 |
1 | 1 | 1 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar